5 Macam Jenis Industri Paling Umum Yang Ada Di Indonesia

5 Macam Jenis Industri Paling Umum Yang Ada Di Indonesia

Industri terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari pada fungsinya, akan tetapi sebelum kita membahas tentang beberapa jenis industri yang ada di dunia, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari industri itu sendiri. Secara umum industri sebuah kegiatan bisnis, yang terkait dengan peningkatan, produksi, pengolahan atau pembuatan produk. Tentu ada banyak contoh perusahaan industri yang tersebar luas khususnya di Indonesia. Produk dari industri itu sendiri ialah barang konsumen dan juga barang produsen. Namun, industri di Indonesia memiliki beberapa jenis, antara lain:

Cara pemasangan kabel tray bisa cek disini: http://www.traytek.co.id/news_detail?id=19

1.      Industri Primer

Industri primer adalah, hal-hal yang berkaitan dengan produksi barang dengan bantuan alam. Oleh sebab itu perusahaan industri primer pasti memprioritaskan bahan baku mereka dengan menggunakan elemen alam dan sedikit membutuhkan usaha manusia. Sebagai contoh Pertanian, kehutanan, perikanan, hortikultura, dan lain-lain.

2.      Industri Sekunder

Industri ini akan terlibat dalam produksi ulang, memperbanyak rempah tanaman dan hewan tertentu. Tujuan utama dari industri ini adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan objek tersebut. Contoh industri sekunder seperti pembibitan tanaman, pemeliharaan ternak sapi, unggas, peternakan, dll. Perusahaan industri sekunder juga sering bekerja sama dengan water solution Indonesia untuk kebutuhan pengairan dan pengelolaan air.

3.      Industri Ekstraktif

Sesuai dengan istilah yang digunakan Industri ini berkaitan dengan ekstraksi atau pengambilan barang atau intisari dari elemen bumi seperti tanah, udara atau air. Biasanya produk yang dihasilkan dari industri ekstraktif di beli dalam bentuk mentah kemudian digunakan oleh industri manufaktur dan konstruksi untuk memproduksi produk tertentu. Beberapa industri yang memakai bahan dari industri ekstraktif seperti industri pertambangan, mineral batubara, industri minyak, bijih besi, ekstraksi kayu dan karet dari hutan, dan lain sebagainya.

4.      Industri Manufaktur

Pergerakan Industri manufaktur ada di proses mentransformasikan bahan baku mentah yang sudah di pilih menjadi produk jadi dengan menggunakan bantuan mesin dan tenaga kerja manusia. Produk jadi disini ada dua macam yaitu produk atau barang konsumsi dan barang non konsumsi seperti: tekstil, bahan kimia, industri gula, industri kertas, dll.

5.      Industri Konstruksi

Perusahaan yang bergerak dalam konstruksi pembangunan termasuk dalam kategori perusahaan industri konstruksi. Beberapa contoh proyek yang dikerjakan seperti: jembatan, jalan, bendungan, kanal, dan berbagai macam projek pembangunan yang lain. Industri konstruksi sedikit berbeda dengan industri jenis lain karena dalam hal barang, industri jenis lain dapat diproduksi di satu tempat dan dijual ke tempat lain. Untuk industri konstruksi barang yang diproduksi dan dijual oleh industri ini dipasang di satu tempat.

Itu dia 5 jenis industri yang paling umum yang ada di Indonesia, tentu masih banyak lagi jenis industri lain seperti industri jasa, kuarter, hasil barang dan lain sebagainya.

Baca Juga tempat rental mobil terpercaya: https://www.bkrentcar.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun Previous post Manfaat Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun
Review Lenovo Ideapad Slim 3 Next post Review Lenovo Ideapad Slim 3