CARA MEMILIH PINJAMAN PRIBADI LEWAT BANK

CARA MEMILIH PINJAMAN PRIBADI LEWAT BANK

Kamu sedang butuh dana cepat untuk renovasi rumah? Atau mungkin kamu sedang membutuhkan dana tambahan untuk membiayai perawatan medis anggota keluarga? Salah satu solusi mendapatkan dana secara cepat adalah dengan mengajukan pinjaman pribadi lewat aplikasi pinjaman online. Namun jika kebutuhan Anda tidak terlalu mendesak, memilih pinjaman pribadi lewat bank juga dapat menjadi pilihan. Namun, bagaimana cara memilih pinjaman yang tepat?

Pertimbangkan Kredibilitas Bank

Hal pertama dan paling penting untuk kamu pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman pribadi adalah reputasi bank yang bersangkutan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki direktori perbankan yang merangkum data pokok bank-bank umum yang beroperasi di Indonesia di bawah pengawasan OJK. Kamu bisa menjadikan direktori ini sebagai acuan sebelum mengajukan pinjaman.

Cari Paket Pinjaman dengan Nominal yang Sesuai

Kalau kamu sudah memutuskan untuk mengajukan pinjaman pribadi lewat bank, besar kemungkinan kamu sudah menghitung berapa tepatnya nominal dana yang dibutuhkan. Namun, biasanya pihak bank juga memiliki beberapa paket pinjaman dengan nominal berbeda-beda dan dengan skema yang sedikit berbeda pula.

Misalnya, paket pinjaman Rp15.000.000 dan Rp150.000.000 tentu akan memiliki perbedaan dalam hal skema kredit dan persyaratan yang dibutuhkan. Dalam beberapa kasus, tenor yang ditetapkan pun bisa berbeda-beda, tergantung besaran pinjaman.

Bandingkan Bunga dan Biaya yang Dikenakan

Perhitungan bunga dan biaya adalah hal yang sangat krusial saat kamu mengajukan pinjaman pribadi lewat bank maupun lewat pinjaman online. Idealnya, pilihlah paket pinjaman dengan besaran bunga dan biaya-biaya lain yang paling rendah. Ini akan membantu meringankan kamu dalam melunasi pinjaman.

Akan tetapi, meskipun kamu sudah memutuskan paket pinjaman yang akan kamu ambil, tetap pertimbangkan hal-hal lain. Jangan sampai karena mengejar bunga ringan dan biaya minim, kamu mengorbankan aspek-aspek krusial seperti keamanan data, kualitas layanan, dan manfaat yang didapatkan.

Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Semua jenis pinjaman, baik bank maupun nonbank, dengan atau tanpa agunan, tetap memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Untuk skema kredit tanpa agunan (KTA), biasanya persyaratan yang dibutuhkan berupa dokumen identitas diri seperti KTP dan kartu keluarga, slip gaji untuk karyawan, dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Kalau kamu mengajukan pinjaman untuk modal usaha awal, pihak bank mungkin akan meminta persyaratan tambahan berupa surat keterangan domisili atau izin usaha yang dikeluarkan oleh kelurahan. Kalau kamu mengajukan skema pinjaman dengan jaminan, tentu saja kamu harus menyiapkan dokumen dari aset yang akan dijadikan jaminan.

Jika jumlah dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sebaiknya pilih pinjaman dengan skema KTA. Selain karena persyaratannya yang relatif lebih mudah, kamu juga tidak perlu mengajukan aset berharga untuk dijadikan jaminan.

Sesuaikan Tenor

Selanjutnya, pertimbangkan tenor pinjaman. Singkatnya, tenor pinjaman adalah durasi atau masa pelunasan pinjaman atau investasi yang telah disepakati antara pihak peminjam dan pemberi pinjaman. Sebagai contoh, kalau kamu mengajukan pinjaman Rp20.000.000 dengan tenor 3 tahun, artinya kamu harus melunasi pinjaman pokok beserta bunganya pada bulan ke-36.

Yang harus diperhatikan, tenor pinjaman berbanding terbalik dengan nominal bunga. Artinya, makin panjang tenor pinjaman, maka bunga yang dikenakan pun makin tinggi. Memang, pinjaman dengan tenor 3 tahun memiliki nilai cicilan per bulan yang lebih kecil dibandingkan dengan tenor 1 tahun. Namun, pada akhirnya, total jumlah uang yang harus kamu keluarkan untuk melunasi pinjaman akan lebih besar.

Oleh karena itu, kalau memang kamu sanggup melunasi pinjaman dalam waktu 1 tahun, kamu tidak perlu mengajukan pinjaman dengan tenor 2 tahun.

Penutup

Begitulah cara memilih pinjaman pribadi lewat bank. Bank mana pun yang kamu pilih nantinya, semoga apa yang kami rangkum pada artikel ini bisa membantumu memilih skema pinjaman yang paling tepat untuk kebutuhanmu.

References:

https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/Direktori-Perbankan-Indonesia-Baru/Default.aspx

20 Pinjaman KTA Bunga Rendah Terbaik dari Bank di Indonesia

https://www.finmas.co.id/page/blog/apa-itu-tenor-pinjaman-simak-penjelasannya-berikut-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 Jenis Produk Perawatan Tubuh Bayi dari Pigeon Previous post 5 Jenis Produk Perawatan Tubuh Bayi dari Pigeon